FISHBONE ANALYSIS SEBAGAI METODE DALAM PENCEGAHAN KECELAKAAN LALU LINTAS

Main Article Content

Maarifah Dahlan
Sukmawati
Muhammad Irdan

Abstract

Kecelakaan lalu lintas di jalan merupakan salah satu penyumbang angka kematian nomor satu di dunia. Sekitar 3.400 orang meninggal dunia di jalan setiap hari tidak terkecuali di Kecamatan Matakali dengan angka kejadian kecelakaan mencapai 862 kasus sejak tahun 2016-2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab dasar kecelakaan lalu lintas agar dapat dilakukan upaya pencegahan di masa yang akan dating. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang terdiri atas responden kunci dan utama dengan teknik snowball sampling, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis editing. Adapun hasil analisis menunjukkan bahwa penyebab dasar kecelakaan lalu lintas disebabkan karena kurangnya kesadaran pengendara terhadap persyaratan dan prosedur keselamatan pengendara dan pengawasan dari pihak kepolisian terhadap pelanggaran terhadap prosedur keselamatan pengendara. Disarankan kepada pemerintah dalam hal ini pihak Kepolisian Polres Polewali Mandar agar kiranya dapat membentuk membuat program Behaviour Based Safety/budaya K3 kepada masyarakat sebagai bentuk upaya pencegahan terhadap risiko kecelakaan lalu lintas.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
1.
Dahlan M, Sukmawati S, Irdan M. FISHBONE ANALYSIS SEBAGAI METODE DALAM PENCEGAHAN KECELAKAAN LALU LINTAS. BIGES JUKES [Internet]. 2021Mar.11 [cited 2021Aug.4];12(2):59-62. Available from: https://ejurnal.biges.ac.id/index.php/kesehatan/article/view/166
Section
Kesehatan

References

World Health Organization. (2020). Global Status Report on Road Safety 2015. Geneva: World Health Organization; 2020 Jan 3. 88 p.

World Health Organization. (2020). Global Status Report on Road Safety, Time For Action. Geneva: World Health Organization

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2013). Instruksi Presiden Republik Indonesia No, 4 Tahun 2013 tentang Program Dekade Aksi Keselamatan Jalan. Jakarta: Kemeterian Kesehatan RI

Kepolisian Republik Indonesia. (2010) Data Laka Lantas. Jakarta; Kepolisian RI

Purwoko, K. (2010). Lakalantas Indonesia Peringkat I di ASEAN [Internet].

Polres Polewali Mandar. (2018). LAporan Kepala Pelayanan Lalu Lintas Polewali Mandar. Polewali: Polres Polewali Mandar.

Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan, Tim Komunikasi Pemerintah Kemkominfo. (2017). Rata-rata Tiga Orang Meninggal Setiap Jam Akibat Kecelakaan Jalan [Internet].

Tarwaka. (2015). Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Ergonomi (K3E) dalam Perspektif Bisnis. Surakarta: Harapan Press.

Wulandari S, Siswi J, Widjasena B. (2017). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Berkendara Aman (Safety Riding) pada Kurir Pos Sepeda Motor di PT. POS Indonesia Cabang Erlangga Semarang 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat.

Manurung J, Sitorus M.E, Rinaldi. (2019). Berhubungan dengan Perilaku Safety Riding Pengemudi Ojek Online (GoJek) di Kota Meda Sumatera Utara. Journal of Health Sience and Physiotherapy.

Puteri AD, Nisa AM. (2020). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Safety Riding pada Supir Travel di PT. Libra Wisata Transport. PROPOTIF Jurnal Kesehatan Masyarakat

Muryatma NM. (2017). Hubungan Antara Faktor Keselamatan Berkendara dengan Perilaku Keselamatan Berkendara. The Indonesia Journal of Health Promotion and Health Education

World Health Organization. (2020). Road Traffic Injuries. Geneva: World Health Organization [Internet].

Hardini P, Indriyati EW. (2018). Pengetahuan dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Berlalu Lintas, Tinjauan Terhadap Perilaku Lalu Lintas Usia Remaja di SMK YPT 1 Purbalingga. Journal of Indonesia Road Safety

Maharja R. (2018). Analisis Budaya Keselamatan Pada Pekerja Las di PT.X [Master Thesis]. Surabaya: Universitas Airlangga.