PERILAKU IBU DALAM STIMULASI TUMBUH KEMBANG BALITA USIA 0-6 BULAN SETELAH PEMBERIAN ANTICIPATORY GUIDANCE

Main Article Content

Desi Trianita
Atik Pramesti Wilujeng
Ninis Indriyani

Abstract

Periode balita adalah periode tumbuh kembang yang pesat dimana anak mencapai perkembangan yang optimal pada usia ini. Keluarga terutama ibu adalah pihak yang memiliki peran penting dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Penelitian ini bertujuan menganalisis perbedaan perilaku ibu dalam memberikan stimulasi tumbuh kembang setelah diberikan anticipatory guidance dengan kelompok ibu yang tidak diberikan anticipatory guidance. Desain penelitian ini menggunakan quasy experimental post test only non equivalent control group sedangkan sampelnya adalah ibu-ibu yang memiliki bayi usia 0-6 bulan sebanyak 54 orang yang diambil dengan tehnik purposive sampling. Hasil uji statistik U Mann-Whitney menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perilaku ibu dalam memberikan stimulasi tumbuh kembang pada kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol dengan nilai ρ = 0,000. Penilaian perilaku ibu dalam memberikan stimulasi tumbuh kembang dilakukan dengan melakukan pengisian kuesioner Anticipatory guidance  merupakan pemberian bimbingan dan pendampingan oleh tenaga kesehatan kepada orang tua anak dalam hal ini adalah ibu mengenai bagaimana mengasuh dan memenuhi kebutuhan tumbuh kembang anaknya.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
1.
Trianita D, Wilujeng AP, Indriyani N. PERILAKU IBU DALAM STIMULASI TUMBUH KEMBANG BALITA USIA 0-6 BULAN SETELAH PEMBERIAN ANTICIPATORY GUIDANCE. BIGES JUKES [Internet]. 2021Mar.11 [cited 2021Aug.4];12(2):53-8. Available from: https://ejurnal.biges.ac.id/index.php/kesehatan/article/view/181
Section
Kesehatan

References

Banyuwangi, D. K. (2018). Data seputar kesehatan. https://www.banyuwangikab.go.id/

Blake-lamb, T. L., Locks, L. M., Perkins, M. E., Baidal, J. A. W., Cheng, E. R., & Taveras, E. M. (2016). Interventions for Childhood Obesity in the First 1,000 Days A Systematic Review. American Journal of Preventive Medicine, 1–10. https://doi.org/10.1016/j.amepre.2015.11.010

Combs-orme, T., Nixon, B. H., & Herrod, H. G. (2015). Anticipatory Guidance and Early Child Development : Pediatrician Advice , Parent Behaviors , and Unmet Needs as Reported by Parents From Different Backgrounds. https://doi.org/10.1177/0009922811403302

Dosman, C., Faap, F., Andrews, D., & Frcpc, F. (2012). Anticipatory guidance for cognitive and social- emotional development : Birth to five years. 17(2), 75–80.

French, G. M., Nicholson, L., Skybo, T., Klein, E. G., Schwirian, P. M., Murray-Johnson, L., Sternstein, A., Eneli, I., Boettner, B., & Groner, J. A. (2012). An Evaluation of Mother-Centered Anticipatory Guidance to Reduce Obesogenic Infant Feeding Behaviors. Pediatrics, 130(3), e507–e517. https://doi.org/10.1542/peds.2011-3027

Hasinuddin, M. (2010). MODUL ANTICIPATORY GUIDANCE TERHADAP PERUBAHAN POLA ASUH ANAK ( Anticipatory Guidance Module Changes the Authoritaritative Parenting of Parents in Stimulating Children Development ). 51–58.

Jawa Timur, D. (2017). PROFIL KESEHATAN PROVINSI JAWA TIMUR TAHUN 2016. In Dinkes Jawa Timur.

Jones, S. M., Zaslow, M., Darling-churchill, K. E., & Halle, T. G. (2016). Journal of Applied Developmental Psychology Assessing early childhood social and emotional development : Key conceptual and measurement issues. Journal of Applied Developmental Psychology, 45, 42–48. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2016.02.008

Kesehatan, K., & Indonesia, R. (2017). PROFIL KESEHATAN INDONESIA 2016.

Kuo, A. A., Inkelas, M., Slusser, W. M., Maidenberg, M., & Halfon, N. (2011). Introduction of Solid Food to Young Infants. 1185–1194. https://doi.org/10.1007/s10995-010-0669-5

Mccolgan, M. D., Cruz, M., Mckee, J., Dempsey, S. H., Davis, M. B., Barry, P., Lisa, A., & Giardino, A. P. (2010). Child Abuse & Neglect Results of a multifaceted Intimate Partner Violence training program for pediatric residents ଝ. Child Abuse & Neglect, 34(4), 275–283. https://doi.org/10.1016/j.chiabu.2009.07.008

Moodie, S., Daneri, P., Goldhagen, S., Tamara, H., Green, K., & LaMonte, L. (2014). EARLY CHILDHOOD DEVELOPMENTAL SCREENING : A COMPENDIUM OF MEASURES FOR CHILDREN AGES BIRTH TO FIVE Early Childhood Developmental Screening : OPRE CHILD TRENDS.

Nur, F., & Adriani, M. (2009). Hubungan Pola Asuh , Asih , Asah dengan Tumbuh Kembang Balita Usia 1 – 3 Tahun.

Partridge, B. (2014). Adolescent Pediatric Decision-Making : A Critical Reconsideration in the Light of the Data. 299–308. https://doi.org/10.1007/s10730-014-9250-8

Pediatrics, A. A. O. (2016). The Pediatricians Role in Optimizing School Readiness. Pediatrics, 138(3), e20162293–e20162293. https://doi.org/10.1542/peds.2016-2293

Reich, A. S. M., & Bickman, L. (2010). The Effectiveness of Baby Books for Providing Pediatric Anticipatory Guidance to New Mothers. 125(5), 997–1002. https://doi.org/10.1542/peds.2009-2728

RI, K. K. (2016). PROFIL KESEHATAN INDONESIA TAHUN 2015. Kementerian Kesehatan RI.

Sege, R. D., Hatmaker-flanigan, E., Vos, E. De, Levin-goodman, R., & Spivak, H. (2006). Anticipatory Guidance and Violence Prevention : Results From Family and Pediatrician Focus Groups. 117(2). https://doi.org/10.1542/peds.2005-0377

Setyawan, A. B. (2017). Hubungan antara berat bayi lahir rendah dengan tumbuh kembang anak usia dini.

Thygesen, L. C., Koushede, V., Sjo, C., Axelsen, F., Winkel, P., Lindschou, J., Gluud, C., & Due, P. (2017). Antenatal small-class education versus auditorium-based lectures to promote positive transitioning to parenthood – A randomised trial. 1–18. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0176819

VICTOR C. STRASBURGER, md. (2010). P ERFORMING PREVENT IVE S ERVICE S : A BRIGHT FUTURE S HANDBOOK. In CHILDREN, ADOLESCENTS, AND MEDIA (p. 164).

Wilujeng, A. P. (2018). Pengaruh Brain Gym Terhadap Kadar Kortisol Selama Hospitalisasi Pada Anak Usia Pra Sekolah. 3(109), 117.

Wilujeng, A. P., Trianita, D., & Indriani, N. (2020). Jurnal Keperawatan Muhammadiyah Pengaruh Anticipatory Guidance Terhadap Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi Usia 0-6 Bulan. 5(1), 11–18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30651/jkm.v5i1.3325