EFEKTIFITAS PELATIHAN P3K TERHADAP PENGETAHUAN ANAK DI SD PANAIKANG I KOTA MAKASSAR

Main Article Content

Nur Ilah Padhila
Ernasari

Abstract

Pengetahuan tentang P3K seharusnya diketahui sejak dini karena kecelakan bisa terjadi dimana saja dan kapan saja termasuk di Sekolah Dasar yang merupakan tempat kedua anak. Tercatat pada tahun 2010, angka kematian anak di Indonesia akibat kecelakan, keracunan dan trauma mencapai 7,3% dan merupakan salah satu dari lima penyebab kematian anak tertiggi. Keadaan yang lebih buruk bisa dicegah dengan cepat jika penerapan P3K berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pelatihan P3K terhadap Pengetahuan Anak di SD Panaikang I Kota Makassar . Penelitian ini adalah jenis penelitian Quasy Ekperimental dengan menggunakan two grup pretest-posttest design. Penelitian ini dilakukan di SD Panaikang I Kota Makassar. Sampel yang digunakan berjumlah 30 orang yang tediri atas 15 orang untuk kelompok intervensi dan 15 orang untuk kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan  dengan meggunakan lembar Kuesioner Pre Post test. Dilakukan uji t-test dependent dan t-test independent. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pengetahuan responden pada kelompok intervensi sebelum dan sesudah diberikan perlakukan adalah -3.200% (SD ± 0.676) dengan nilai statistik  p Value = 0,000. Sedangkan pada kelompok control menunjukkan rata-rata nilai pengetahuan responden sebelum dan sesudah diberikan perlakuan adalah -2.067% (SD ± 0.248) dengan nilai statistic p Value = 0,000. Selanjutnya perbedaan selisih nilai skor pada kelompok  intervensi adalah 3.20% (SD ± 0,676), sedangkan pada kelompok kontrol rata-rata perbedaan seslisih nilai skor adalah 2.07 (SD ± 0.961). Berdasarkan hasil uji statistik didapatkan nilai p Value = 0,001. Kesimpulannya bahwa terdapat peningkatan pengetahuan pada masing-masing kelompok setelah diberikan pelatihan, dan penggunaan metode Slide dan Video lebih efektif dibandingkan menggunakan Lefleat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
1.
Nur Ilah Padhila, Ernasari. EFEKTIFITAS PELATIHAN P3K TERHADAP PENGETAHUAN ANAK DI SD PANAIKANG I KOTA MAKASSAR. BIGES JUKES [Internet]. 2020Sep.25 [cited 2020Oct.26];12(1):30-5. Available from: https://ejurnal.biges.ac.id/index.php/kesehatan/article/view/157
Section
Kesehatan

References

Angraini, N. A., & dkk. (2018). Pendidikan Kesehatan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan pada Masyrakat di Kelurahan Dandangan. Journal of Community Engagement in Health, 21-24.

Brigitta, A. D., Qomaruddin, & Harjanto, T. (2016). Penggunaan Ceramah dan Lefleat Terhadap Pengetahuan Anak Sekolah Dasar Mengenai Penanganan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan. Jurnal Keperawatan Notokusumo, Vol. IV No.I, 29.

Danim, S. (2003). Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hogan, M. (1999). Media Education. America.

Kurniawan, F. (2015). Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SD Negeri 05 Kalumbuk Kecamatan Kuranci Kota Padang. Padang: Univ. Negeri Padang.

Nilamsari, N., & Darmayanti, R. (2018). Efektifitas Pelatihan P3K dan K3 pada Peningkatan Pengetahuan Guru PAUD di Gresik. Journal of Industrial Hyegene and Occupational Health, 33-44.

Notokusumo. (2016). Penggunaan Ceramah Dan Leaflet Terhadap Pengetahuan. IV(1).

Nurhanifah, D. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Kelas Vii ( The Effect Of Health Education To The Student Knowledge Level Of First Aid at Schools In Class VII ). 1(1), 16–20.

Olympia, R., Wan, E., & J., A. (2005). The Preparedness of Schools to Respond to Emergencies in Children: A National Survey of School Nurses. Pediatrics.

Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran:Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Saputro, Wijayanto, W., & Jadmiko, A. W. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode Simulasi terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Pertolongan Pertama pada Kecelakaan di SMK Negeri 1 Bojosongo Boyolali. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rizky, A. S., & Edy, R. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Simulasi Terhadap Kecakapan Pertolongan Pertama Pada Kedaruratan (P3K) Pada Siswa Tunagrahita Di SLB/C Taman Pendidikan Dan Asuhan JEMBER. 7. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/11350/10760